iOS vs Android, Mana Yang Lebih Bagus Untuk Gaming?

Byemaadm

iOS vs Android, Mana Yang Lebih Bagus Untuk Gaming?

Banyak orang yang meributkan antara iPhone (iOS) dengan Android, mana yang lebih bagus? Mana yang lebih powerful? Mana yang lebih berguna? Well menurut saya secara pribadi keduanya adalah software dan hardware mobile phone yang terbaik di dunia. Tapi jika kamu harus memutuskan satu saja dan kamu ingin gadget terbaik untuk gaming mana yang harus kamu pilih?

Berikut saya jabarkan perbandingan keduanya supaya kamu bisa memilih mana yang terbaik untuk kamu. Tapi perlu diingat bahwa kata “terbaik” adalah sebuah predikat yang selalu bergulir dan berganti karena masing-masing pihak akan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas dari software dan hardware. So untuk perbandingan kali ini kita akan fokus di topik utama kita yaitu gaming.

1. Kualitas dan Kuantitas Game

App Store dan Google Play adalah dua raksasa yang berkembang dengan sangat cepat dan sehat. Tapi untuk sekarang App Store masih memimpin untuk masalah ketersediaan game baik dalam kuantitas dan juga kualitas. Saat peluncuran iPhone 5 kemarin, Apple mengatakan bahwa mereka mempunyai sebanyak 175.000 game dan entertainment di App Store mereka, ini adalah angka yang sangat luar biasa!

Kuantitas dan Kualitas App Store | GameSaku

Beberapa game papan atas seperti Infinity Blade, Walking Dead, Chaos Ring atau CSR Racing hanya tersedia di App Store untuk sekarang. Tapi seiring waktu semakin banyak game juga yang di port untuk Android seperti Dead Trigger atau Real Racing. Ini menunjukkan betapa menariknya Google Play untuk segmen gamer. Tapi untuk sekarang App Store adalah pilihan terbaik kamu untuk masalah ketersediaan game.

 

2. Raw Power

Update: Sekarang setelah iPhone 5 keluar keadaannya menjadi berbeda. Berbagai benchmark diluar sana mengatakan bahwa Galaxy S3 tetap memimpin untuk kemampuan CPU tapi untuk GPU iPhone 5 mampu menumbangkan semua mobile phone yang beredar sekarang. Karena GPU memegang peranan penting maka untuk saat ini iPhone 5 adalah juara untuk Raw Power.

Raw Power atau kemampuan hardware adalah salah satu faktor pendukung utama dari Gaming. Secara spesifikasi di atas kertas hardware device-device Android bisa dikatakan lebih baik dari iPhone (tidak menghitung iPhone 5 yang belum diketahui secara pasti spesifikasinya). Tapi spesifikasi hardware yang lebih tinggi tidak berarti gamenya akan lebih baik. Karena beberapa game terbaik mobile game hanya tersedia untuk iOS, jadi sekencang apapun gadget Android tapi jika tidak ada game yang cukup mumpuni maka spesifikasi yang tinggi pun tidak akan terpakai.

GL Benchmark 2.5 iPhone 5

 

3. Kompabilitas

Yang sangat berbeda antara Android dan iPhone adalah jumlah variasi handsetnya. Handphone dan tablet Android bisa mencapai ratusan jenis dari berbagai merek sedangkan gadget dari Apple hanya mencapai 5-6 saja. Ini menciptakan masalah baru bagi Android yaitu kompabilitas. Sebuah developer game harus mencoba game mereka disemua device Android yang ada untuk memastikan gamenya berjalan dengan lancar, masalahnya adalah itu tidak mungkin dilakukan. Sehingga para developer hanya menggunakan device-device yang paling populer saja.

Ratusan Gadget Android Untuk Testing

Dibeberapa kesempatan saya juga mengalami hal ini terutama untuk tablet yang supportnya masih lebih minim dibanding Android untuk Smartphone. Apple dengan jumlah gadget yang lebih sedikit otomatis tidak mengalami kesulitan seperti ini sehingga kamu bisa yakin bahwa game yang kamu download pasti berjalan lebih lancar dan tidak mengalami masalah kompabilitas.

 

4. Harga Game

Kebanyakan orang berpikir bahwa game iPhone adalah game yang mahal, sedangkan game Android banyak yang tersedia secara gratis. Faktanya adalah keduanya tidak berbeda jauh. Ini didukung dengan perkembangan model game Freemium yang sangat-sangat popular belakangan ini. Bahkan banyak dari studio game seperti EA (Electronic Arts) yang berencana untuk 100% memproduksi game gratis.

Freemium adalah masa depan mobile gaming sehingga nantinya kebanyakan game akan gratis. Biasanya juga developer mengeluarkan harga yang sama untuk game mereka yang di publish di App Store atau Android.

Freemium Game Model

 

5. Operating System

Tentu saja walaupun tujuan kamu untuk gaming tapi pasti kamu juga membutuhkan fungsi lain seperti Facebook, Twitter atau mencatat keuangan pribadi kamu. Untuk yang satu ini kamu tidak perlu khawatir karena App Store dan Google Play mempunyai banyak aplikasi untuk kamu lebih dari yang kamu butuhkan.

Tapi sebenarnya cukup sulit membandingkan kedua OS ini karena keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Masing-masing fans juga pasti membela OS-nya masing-masing. Tapi saya akan katakan Android lebih baik untuk kamu yang suka utak atik gadget kamu. Sedangkan iOS lebih simple dan cocok bagi mereka yang mencari OS simple dan intuitive untuk digunakan.

Satu hal yang perlu saya sebutkan adalah masalah support OS dari developernya. Untuk iOS, gadget lama kamu juga masih diperhatikan. Buktinya adalah iPhone 3GS yang berumur 3 tahun pun masih mendapat support iOS 6 yang akan keluar akhir bulan ini. Sedangkan untuk gadget Android upgrade OS kamu akan dibatasi oleh tipe hardware dan vendor seperti Samsung atau HTC.

Sebagai contoh Samsung Galaxy 7.7 yang saya gunakan baru mendapat Ice Cream Sandwich resmi awal bulan ini sedangkan di luar sana sudah banyak yang menggunakan ICS dari awal tahun.

Android & iPhone Support

 

6. Harga Hardware

Ujung-ujungnya perbandingan ini akan kembali ke harga karena sebaik apapun gadgetnya tapi jika tidak dapat dibeli maka akan percuma juga. Untuk yang satu ini Android jelas adalah pemenangnya, bahkan sekarang sudah ada beberapa smartphone di bawah 1 juta yang bisa menjalankan game-game ringan seperti Angry Bird atau RPG 2D. Android menyediakan pilihan yang lebih banyak lengkap untuk masing-masing kelas (entry, middle dan high end).

Pemenang: Android

About the author

emaadm administrator

Leave a Reply