Jasa SMS Marketing

Emailaya Memberikan Jasa SMS marketing  atau SMS Gateway yang sangat penting bagi Branding sebuah produk usaha dari perusahaan yang sedang berkembang, lebih dari 90% populasi di dunia memiliki telepon seluler. Hampir semua pemilik telepon seluler tersebut dapat berkomunikasi melalui teks pesan singkat. Pesan berupa teks yang dikirim melalui satu telepon seluler ke telepon seluler lainnya ini disebut sebagai pesan singkat yang biasa disebut sebagai SMS. SMS adalah singkatan dari Short Message Service.

Jasa SMS Marketing

Tidak hanya ponsel biasa atau tradisional, kini pengguna ponsel pintar atau biasa disebut smartphone juga terus meningkat drastis. Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan eMarketer, jumlah pengguna smartphone di Indonesia akan meningkat dari 55 juta pengguna di tahun 2015 menjadi 92 juta di tahun 2019. Saat ini, Indonesia menjadi pasar penjualan smartphone terbesar ke-3 di kawasan Asia Pasifik (Setelah China dan India). Di Asia Pasifik, telah terdapat lebih dari satu miliar jumlah pengguna smartphone.

Manfaat SMS Marketing / Gateway bagi Perusahaan

Setelah membaca data statistik di atas mungkin Anda masih ragu untuk melakukan strategi marketing lewat pesan singkat. Namun, kami akan memaparkan lebih lagi keuntungan apa saja yang bisa Anda dapatkan dari SMS marketing ini!

  • Proses Cepat

SMS Marketing ini dapat dilakukan dalam hitungan menit dan diterima oleh pelanggan dalam hitungan menit pula. Waktu yang dibutuhkan oleh penerima pesan adalah kurang dari 3 menit. Dalam menyusun pesan atau teks yang Anda ingin sampaikan, tinggal merangkai kata-kata yang menarik dan to the point. Apakah Anda ingin menawarkan barang khusus yang kemungkinan besar disukai pelanggan secara personal ataukah mengirimkan pesan berantai yang berisi promo potongan harga produk Anda. Anda tidak perlu repot menyusun ide Anda ke dalam bentuk yang rumit, hanya berupa kata-kata singkat yang bermanfaat. Tidak seperti iklan di media yang perlu perencanaan cukup lama mulai dari mengumpulkan ide hingga eksekusi dan penempatan iklan itu sendiri.

  • Cocok untuk Semua Jenis Mobile Device

Melalui SMS, Anda tak perlu khawatir kalau pesan Anda tak terbaca oleh perangkat ponsel tertentu. Sebab pada dasarnya SMS ini bisa diakses dari perangkat manapun, entah ponsel tradisional atau ponsel pintar.

  • Ramah Lingkungan

Bagi Anda yang peduli akan lingkungan. Anda tentu tahu bahwa papan-papan iklan di pinggir jalan raya, atau bahkan sekadar kertas selebaran semacam brosur yang biasa dibagikan toko adalah bentuk pemasaran yang berdampak bagi lingkungan secara signifikan walau tak langsung merusak. Bayangkan kertas-kertas bosur yang dibuat dari pohon-pohon yang ditebang itu bisa ditiadakan dengan adanya online marketing atau lebih spesifik lagi, SMS marketing ini.

  • Bersifat Personal dan Langsung

Bandingkan SMS marketing yang bisa dipersonalisasi ini dengan email yang dikirim oleh sistem. Apalagi email yang Anda kirim menumpuk di kotak inbox pelanggan Anda dan bisa tergolong spam.

  • Tidak Memakan Biaya Besar

Tidak seperti strategi marketing lainnya yang cenderung membutuhkan biaya besar, dengan SMS marketing ini, Anda dapat lebih menghemat biaya. Bandingkan dengan biaya pembuatan dan pemasangan iklan di media televisi atau baliho yang harus Anda keluarkan. Atau pencetakan brosur yang Anda lakukan di percetakan yang menghabiskan biaya desain berikut tinta untuk cetak konten brosurnya.

Memahami Tujuan SMS Marketing

Sebelum mengeksekusi rencana Anda untuk melakukan SMS marketing, ada baiknya Anda melakukan peninjauan yang mendasar dan komprehensif terlebih dahulu. Gunakanlah metode yang kami sebut sebagai SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time Specific). Metode ini perlu diterapkan karena SMS marketing Anda perlu tepat sasaran dan jelas agar komunikasi berupa SMS campaign ini berhasil.

Mengelola SMS Marketing Bersama

SMS marketing ini tidak dapat dikerjakan hanya oleh satu orang saja. SMS campaign yang ingin Anda lakukan perlu didiskusikan bersama-sama sesuai dengan tujuan spesifik yang telah disepakati bersama, terutama dengan departemen marketing dan public relation bila korporat Anda memilikinya.

Panggilan yang Jelas untuk Tindakan Customer

Demi membuat pesan singkat yang mendorong customer untuk melakukan transaksi, entah membeli produk atau menyewa jasa, Anda perlu memerhatikan isi SMS yang hendak dibagikan. Pesan yang hendak Anda sampaikan harus jelas dan menggugah pembaca untuk memikirkan apa yang Anda sampaikan. Buatlah lead yang memancing rasa penasaran customer. Jangan sampai penerima pesan langsung mengapus pesan Anda di inbox mereka tanpa membacanya terlebih dahulu. Perhatikan keyword Anda dan jangan membuat kata-kata yang terlalu panjang atau kaku seperti dikirim oleh sistem.

Meminta Izin Terlebih Dahulu pada Customer

Sebaiknya Anda telah mendapatkan izin terlebih dahulu dari pelanggan sebelum Anda mengirimkan SMS campaign. Namun hal ini bisa jadi dikompromikan seperti yang terjadi pada provider jaringan telepon yang mengirimkan pesan otomatis ke para pelanggannya. Meskipun demikian, biasanya provider memberi kode tertentu yang kembali tujuannya menanyakan apakah pelanggan tertarik atau tidak pada paket yang ditawarkan. Lalu provider dapat memberi short code yang dapat dipakai pelanggan untuk memanfaatkan promo yang ditawarkan contohnya “Ketik Yes/ No kirim ke 888”. Bagi Anda yang ingin mengirimkan pesan secara personal ke pelanggan, saat transaksi pertama misalnya, Anda dapat menanyakan pelanggan Anda secara tatap muka atau langsung, “Apakah kami boleh meminta nomor telepon Anda? Kami akan menginfokan Anda jika barang yang Anda minati tersedia di toko kami” dan sebagainya.